Alat Ukur Intensitas Cahaya

Alat Ukur Intensitas Cahaya - Light Meter atau Lux Meter merupakan sebuah alat ukur yang digunakan untuk keperluan pengukuran intensitas cahaya, alat ini banyak digunakan dalam dunia fotografi untuk mengukur cahaya yang digunakan untuk menentukan pembukaan. Dengan memberikan kecepatan film dan kecepatan rana maka alat ini dapat menunjukkan f-stop, hal ini dapat digunakan untuk memberikan sebuah pembukaan yang netral terhadap masuknya cahaya.

Alat Ukur Intensitas Cahaya
Sumber : Distributor Alat Ukur & Alat Uji
Setelah adanya alat ini maka kita tidak perlu lagi menebak - nebak kombinasi dari bukaan diafragma dan shutter speed yang tepat untuk ‘mengisi’ film atau sensor dengan cahaya. Jadi dapat dikatakan bahwa lux meter ini digunakan untuk mengukur intensitas cahaya yang akan jatuh mengenai sensor atau film melalui diafragma, karenanya fotografer akan lebih mudah dalam mencari keseimbangan cahaya.

Alat Ukur Intensitas Cahaya

Secara umum, light atau lux meter ini mempunyai 2 jenis pengukuran yaitu Reflected light meter dan incident light meter. Sering kali ada orang yang salah paham diantara keduanya. Pada dasarnya Reflected light meter adalah cahaya yang dipantulkan oleh suatu subjek, sedangkan Incident light meter adalah cahaya yang jatuh ke subjek.

Jenis - jenis light meter atau lux meter :

1. Reflected light meter

Reflected light meter adalah jenis yang akan menghitung cahaya yang telah dipantulkan oleh subjek sesuai dengan namanya, kemudian kita dapat memilih setting exposure kamera (aperture, shutter speed dan ISO) agar supaya totalnya 18% abu-abu (gray). Pada beberapa jenis kamera untuk mengaktifkan fitur ini cukup mudah yaitu dengan cara menekan setengah tombol shutter.

Pada light meter eksternal seperti Sekonic, kemudian arahkan atau bidik alat ke area midtone yang sedang atau midtone gelap terangnya. Setelah itu pada layar LCD akan menunjukkan setting exposure termasuk juga f-stop yang telah direkomendasikan untuk digunakan.

2. Incident light meter

Berbeda dengan sebelumnya, saat kita akan menghitung cahaya yang akan jatuh ke subjek foto maka penggunaan incident light meter mode akan lebih akurat. Hal ini karena penggunaan mode ini akan dapat mengukur secara langsung kuantitas cahaya yang akan jatuh ke subjek yang bukan dari cahaya hasil pantulan.

Cara menggunakan incident light meter adalah cukup dengan menempatkannya ke subjek foto, setelah itu arahkan kubah putih light meter dan hadapkan ke arah cahaya lalu tekan tombol pada light meter atau lux meter.

0 Response to "Alat Ukur Intensitas Cahaya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel