Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Obat

Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Obat - Ketika seseorang sedang sakit, biasanya mereka akan meminum obat untuk menghilangkan rasa sakitnya tersebut. Obat yang diminum pun bukan sembarangan obat lho guys. Kalau asal-asalan meminum obat, penyakit anda bukannya akan semakin membaik, tapi kemungkinan malah akan bertambah buruh atau parah.

Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Obat
Sumber : Alat Uji Tablet
Akan lebih baik jika obat yang anda minum berasal dari anjuran atau resep dokter. Hal tersebut dikarenakan dokter akan lebih tahu obat mana yang sesuai atau cocok untuk anda konsumsi, setelah memeriksa keadaan anda. Selain cara ini lebih aman dibandingkan dengan anda meminum obat-obat yang asal-asal, resep dokter juga bisa mengobati penyakit anda jauh lebih cepat.

Berapa Lamakah Obat Bisa Diserap Oleh Tubuh?

Anda semua pasti pernah sakit, bukan? Pada saat sakit, anda pasti meminum obat untuk meredakan rasa sakit tersebut, kan?

Nah, yang menjadi pertanyaannya adalah pernahkah anda bertanya berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh obat yang anda minum tersebut untuk akhirnya bisa diserap dengan baik oleh tubuh?
Setelah meminum obat, apakah obat tersebut akan langsung terasa efeknya? Apakah sakit anda bisa hilang dalam seketika itu juga? 

Pertanyaan di atas mungkin pernah muncul di kepala anda, bukan? Apalagi kalau saat itu anda benar-benar merasa kesakitan tapi obat yang anda minum tak kunjung bereaksi. Biasanya kita akan merasa kesal karena hal itu.

Selain menanyakan berapa lama efek obat bisa terasa, anda pasti pernah bertanya berapa lama efek obat tersebut akan hilang, kan?

Jawaban untuk pertanyaan anda tersebut adalah tergantung pada dosis obat yang anda minum, jenis obat yang anda minum, serta faktor biologis tubuh yang anda miliki. Lantas, berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh obat tersebut untuk dapat diserap oleh tubuh, sehingga bisa bekerja dan berkhasiat sebagaimana mestinya?

Anda harus tahu bahwa pada dasarnya obat memiliki cara kerja masing-masing dalam merespon gangguan yang terjadi di dalam tubuh. Selain itu, anjuran minum obat yang berbeda-beda juga akan mempengaruhi keefektivitasan kerja obat tersebut terhadap sakit yang sedang anda derita.

Normalnya, setelah anda meminum obat, obat tersebut akan langsung masuk ke dalam pembuluh darah dalam waktu sekitar 30 menit sampai 6 jam, tergantung dengan jenis obatnya.

Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Obat

Di dalam prosesnya, setelah anda selesai meminum obat, obat tersebut biasanya tidak akan langsung bekerja mengatasi masalah atau penyakit anda pada saat itu juga. Yah, memang hal tersebut juga tergantung pada jenis dan dosis obat yang anda konsumsi. Ada beberapa hal atau faktor yang diketahui dapat mempengaruhi kecepatan penyerapan obat oleh tubuh, yaitu :

Sifat kelarutan

Obat yang berjenis larutan atau cair biasanya akan lebih mudah dan cepat diserap dibandingkan dengan obat tablet. Cara pemberian jenis obat berupa larutan atau cairan ini tidak hanya bisa dilakukan dengan cara diminum saja. Akan tetapi obat tersebut juga dapat masuk ke dalam tubuh dengan berbagai cara, seperti dimasukkan lewat anus, disuntikan langsung melalui pembuluh darah maupun dihirup.

Kemampuan tubuh dalam mengosongkan lambung

Pemberian obat dengan cara dihirup, seperti yang dilakukan apabila pasien diberikan obat bius adalah cara yang membuat obat paling cepat diserap oleh tubuh. Hal ini disebabkan karena jenis obat yang satu ini memang sangat mudah masuk ke dalam tubuh. Sedangkan pemberian obat dengan cara diminum adalah cara yang paling lambat dalam proses penyerapan obat, sebab obat harus diolah dan dicerna terlebih dahulu, serta harus melalui proses pencernaan yang cukup panjang.

0 Response to "Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Obat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel