Makanan Penetral Kadar Asam Tubuh

Makanan Penetral Kadar Asam Tubuh - Untuk memiliki kesehatan tubuh yang optimal maka kita perlu menyeimbangkan banyak hal di dalam tubuh kita. Salah satunya adalah keseimbangan pH tubuh, normalnya tubuh kita memiliki pH sekitar 7 - 7,4 pH. Kadar pH pada suatu zat dapat diukur menggunakan sebuah alat yang disebut pH meter, selain itu dapat juga diukur menggunakan kertas lakmus atau diteliti.

Makanan Penetral Kadar Asam Tubuh

Nilai tersebut merupakan nilai rata - rata pH tubuh kita, pH tubuh yang terlalu asam dapat membuat tubuh kekurangan oksigen. Walau begitu memang ada organ tubuh kita yang memiliki tingkat asam yang tinggi yaitu lambung kita. Lambung kita memiliki tingkat keasaman yang tinggi karena asam lambung digunakan untuk mencerna semua makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Faktor - faktor seperti pola makan yang buruk, olahraga yang tidak cukup atau berlebihan hingga stres yang kronis akan menyebabkan kondisi tubuh kita meningkat keasamannya. Imbasnya kita akan mengalami mulas, gangguan pencernaan dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Peningkatan kadar keasaman tubuh dapat terjadi karena konsumsi yang berlebihan pada produk seperti produk susu, daging, pemanis buatan, alkohol, dan banyak makanan yang diproses. Mengkonsumsi jenis makanan tersebut membuat lambung kita memproduksi asam yang berlebih untuk mencerna bahan makanan tersebut.

Peningkatan kadar keasaman tubuh sendiri sulit untuk dideteksi kecuali sudah menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Gejala seperti sakit maag, mulas, mual, gangguan pencernaan dan rasa terbakar di mulut atau perut merupakan beberapa contoh tingkat keasaman tubuh yang sudah meningkat. Namun Anda tidak perlu khawatir karena tingkat keasaman yang meningkat dapat Anda atasi dengan mengkonsumsi makanan penetral kadar asam tubuh seperti :

Makanan Penetral Kadar Asam Tubuh

1. Sayuran

Hampir semua jenis sayuran memiliki kadar alkali yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu mengkonsumsi sayuran baik untuk mengatasi kadar keasaman tubuh kita yang tinggi. Sayuran seperti kedelai, kecambah, kacang lima, kembang kol, brokoli, bayam, lobak, bawang putih, wortel, seledri, mentimun, asparagus dan selada merupakan sayuran yang baik untuk dikonsumsi saat keasaman tubuh meningkat.

2. Buah

Selain sayuran, buah - buahan juga baik untuk menetralisir keasaman tubuh karena sama - sama bersifat alkalin. Jenis buah seperti halnya lemon, pisang, apel, anggur, aprikot, nanas, kurma, jeruk, melon, ceri, pir, semangka, peach, dan kelapa adalah jenis buah yang dapat Anda konsumsi.

3. Buah - buahan kering dan kacang

Mengkonsumsi buah - buahan kering dan kacang - kacangan juga dapat membantu menetralkan asam lambung. Akan tetapi tidak semuanya mengandung alkali, bahkan sebagian besar kacang mengandung asam yang tinggi. Buah seperti kismis, almond dan kacang brasil adalah jenis buah kering dan kacang yang dapat menetralisir asam tubuh.

0 Response to "Makanan Penetral Kadar Asam Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel