Alat Pengukur Panjang

Alat Pengukur Panjang - Untuk mengetahui ukuran sejumlah hal ataupun benda yang ada di sekitar kita tentunya kita membutuhkan sebuah alat ukur. Dalam kehidupan kita sehari - hari ada berbagai macam alat ukur yang tersedia. Setiap tipe benda mempunyai alat ukurnya sendiri, contohnya untuk mengukur panjang tali maka menggunakan penggaris, untuk mengukur berat maka menggunakan timbangan, untuk mengetahui waktu maka menggunakan jam.
Alat Pengukur Panjang

Salah satu yang banyak digunakan adalah alat pengukur panjang atau alat pengukur jarak. Akan tetapi alat ukur panjang juga dapat digunakan untuk mengukur diameter, keliling, kedalaman, serta luas.

Alat Pengukur Panjang

1. Penggaris

Alat ukur yang satu ini sudah familier dan banyak digunakan mulai dari anak sekolah hingga arsitek profesional. Tingkat ketelitian penggaris juga umumnya sekitar 1 mm, namun ada pula yang mempunyai tingkat ketelitian sampai 0,5 mm. Kekurangan alat ini hanya bisa dipergunakan untuk mengukur benda - benda berbidang datar serta berdimensi kecil saja semisal gambar ataupun ubin.

2. Meteran

Selain itu ada juga meteran yang mempunyai fungsi seperti penggaris, akan tetapi meteran memiliki dimensi yang lebih panjang serta terbuat dari bahan yang lebih fleksibel dibandingkan penggaris. Hal ini agar meteran dapat digulung serta mudah dibawa ke mana - mana. Meteran sendiri umumnya terbuat dari nilon yang merupakan logam elastis yang dapat ditekuk.

Meteran umumnya mempunyai jarak maksimal 10 meter, karenanya meteran banyak digunakan untuk mengukur sebidang tanah maupun bangunan dan lainnya. Akan tetapi kelemahan meteran adalah penggunaannya yang sulit. Namun sekarang sudah tersedia meteran laser atau alat pengukur jarak elektronik. Alat ini sudah menggunakan sinar laser dalam pengukurannya dan mempunyai tingkat akurasi yang dapat mencapai 0,1 mm.

3. Jangka Sorong

Jangka sorong banyak digunakan di bengkel atau tempat yang memproduksi barang yang tingkat presisinya sangat tinggi seperti pada industri mesin yang membutuhkan ketelitian antara satu bagian dengan bagian lain hingga mm. Ketelitian alat ini dapat mencapai skala 0,1 mm.

Alat ini biasanya digunakan untuk mengukur diameter benda kecil seperti skrup, baik dimensi dalam maupun dimensi  luarnya. Alat ini bukan termasuk peralatan rumah tangga biasa, karena  hanya digunakan di tempat - tempat tertentu dan untuk alat - alat tertentu  saja. Jadi, kita tidak perlu mengukur lebar sepatu kita atau ketebalan  solnya menggunakan jangka sorong.

4. Mikrometer Skrup

Mikrometer sekrup termasuk ke dalam alat yang digunakan untuk mengetahui ukuran suatu benda dengan ketelitian menjangkau 0,01 mm. Alat ini biasanya digunakan untuk mengukur ketebalan suatu plat atau lempeng logam hingga isi serabut kabel dan benda sejenis lainnya.

0 Response to "Alat Pengukur Panjang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel