Diet Air Putih yang Aman

Diet Air Putih yang Aman - Rutin minum air putih sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan. Salah satunya yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Dari teori inilah kemudian banyak yang “terinspirasi” untuk menerapkan diet air putih tanpa dibarengi dengan makan dan minum apapun selama beberapa hari.

Diet Air Putih yang Aman

Rajin minum air putih dapat membantu melancarkan kerja ginjal untuk membuang limbah dan racun berbahaya dalam tubuh. Dengan minum air juga membuat kerja sistem pencernaan lebih efisien mengolah makanan sehingga mencegah sembelit, sekaligus mengendalikan nafsu makan.

Mencukupi kebutuhan cairan juga dapat membantu metabolisme tubuh bekerja lebih cepat untuk membakar lemak. Dengan minum setidaknya 8 gelas air putih (± 2 liter) dapat membakar hingga 100 kalori per hari. Kalori yang berkurang apabila Anda minum air dingin bahkan dapat lebih banyak lagi. Dengan memperbanyak minum air putih juga membantu memangkas kelebihan berat air, sehingga Anda dapat menurunkan berat badan secara ekstra.

Manfaat diet dengan minum air putih dalam jangka pendek akan dapat langsung dirasakan oleh mereka yang mempunyai penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, dan kelebihan berat badan. Namun apabila murni bertujuan untuk penurunan berat badan saja, diet air putih baru akan memperlihatkan hasilnya setelah dilakukan secara berkelanjutan dalam waktu yang panjang.

Cara Diet Air Putih yang Aman

Diet dengan minum air putih sebenarnya hanya boleh dilakukan mulai dari 24 jam hingga maksimal 3 hari saja. Lebih dari itu, akan banyak potensi masalah pada kesehatan yang akan bermunculan. Setelah 3 hari hanya mengkonsumsi minuman yang minim gizi tanpa asupan makanan lainnya, otak akan kekurangan nutrisi sehingga bekerja semakin lambat.

Akibatnya, Anda akan sulit untuk berkonsentrasi, sering bengong, mudah tersulut emosi, hingga rentan berhalusinasi. Hal ini akan memicu migrain kambuh, tubuh akan kehilangan paling banyak protein dalam 72 jam pertama Anda diet air putih, dan membuat otot-otot tubuh perlahan mengecil.

Lalu, bagaimana cara diet air putih yang benar?

Idealnya, Anda lebih baik memilih waktu yang tepat untuk mulai berdiet, yaitu saat tubuh Anda tidak memerlukan terlalu banyak energi.

Apabila sudah menetapkan waktu yang pas, Anda wajib mempersiapkan tubuh dengan asupan nutrisi yang mencukupi sejak jauh-jauh hari sebelum diet dimulai. Salah satunya yaitu dengan mulai mengurangi porsi makan besar dan camilan dalam beberapa hari menjelang diet air putih, namun tetap pastikan lauk makannya bervariasi dan mengandung nutrisi serta energi tinggi. Mulailah perlahan dengan minum minuman yang kaya akan nutrisi seperti jus atau smoothie mengenyangkan di hari-hari awal diet.

Selama menjalani diet air putih, hindari berolahraga terlalu berat supaya tidak dehidrasi. Hindarilah minum yang lebih banyak dari biasanya pada saat diet. Terlalu banyak minum air putih dapat berbalik membahayakan kesehatan Anda.

Segera hentikan diet Anda ketika jatuh sakit atau merasa sangat lemas di tengah-tengah waktunya. Ketika Anda selesai diet minum air putih, hindari makan terlalu banyak secara langsung. Mulailah dengan makan secara bertahap untuk menghindari sakit perut dan gangguan pencernaan lainnya.

Tidak semua orang boleh diet air putih

Diet dengan minum air putih tidak dapat dilakukan oleh semua orang. Orang dewasa yang lebih tua dan anak-anak yang berusia dibawah 18 tahun tidak diperbolehkan untuk melakukan diet ini.

Selain itu, orang dengan kondisi berikut ini juga tidak diperbolehkan untuk melakukan diet minum air putih, karena dapat berpotensi menimbulkan masalah kesehatan lebih lanjut:

  • gangguan makan
  • kekurangan berat badan
  • sedang hamil atau menyusui
  • masalah jantung
  • diabetes tipe 1
  • migrain yang tidak terkendali
  • sedang menjalani transfusi darah
  • minum obat tertentu

Apabila Anda mempunyai masalah kesehatan tertentu, namun berencana diet minum air putih lebih dari 24 jam, konsultasikanlah terlebih dadulu dengan dokter Anda.

0 Response to "Diet Air Putih yang Aman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel