Waspada Indonesia Surga Bagi Hama Rayap

Waspada Indonesia Surga Bagi Hama Rayap - Serangga rayap hidup berkelompok atau berkoloni yang terdiri dari 3 kasta yaitu ratu, prajurit dan pekerja.


Kasta ratu bertugas menghasilkan dan menetaskan telur, kasta prajurit bertugas menjaga sarang dan kasta pekerja bertugas mencari makan untuk semua anggota koloninya.

Sebelum menjadi ratu, kasta reproduktif dimulai dari rayap bersayap atau laron. Mereka keluar dari sarang di malam hari setelah hujan turun untuk mencari pasangan. Hanya sekitar 1 persen pasangan yang berhasil kawin untuk membentuk koloni baru.

Tetapi ratu, menurut jasa pembasmi rayap mampu menghasilkan telur hingga 50.000 butir setiap harinya. Hal ini yang membuat koloni mereka berkembang sangat cepat. Rayap berkembangbiak secara optimum pada daerah sub tropis dan tropis.

Indonesia yang merupakan daerah tropis memiliki hutan terluas di dunia, menjadi surga bagi hama rayap. Mereka bersarang di dalam tanah terutama dekat bahan organik yang mengandung selulosa seperti kayu, serasah dan humus.

Rayap sebenarnya membantu kehidupan manusia, mereka menguraikan zat-zat yang sudah mati yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia dalam ekosistem hutan.

Baca Juga - Top1toto

Kita bisa bayangkan apa jadinya hutan tanpa rayap, maka hutan akan dipenuhi dengan tumpukan daun (serasah) dan akibatnya bisa saja membuat mati penghuninya yaitu satwa besar lainnya karena tidak bisa beraktivitas.

Rayap bertugas membersihkan sampah dedaunan dan kayu tumbang yang kemudian terekstraksi menjadi humus yang membuat tanah hutan tropis menjadi subur.

Mereka merupakan konsumen primer dalam rantai makanan yang berperan dalam kelangsungan siklus hidup di hutan dan menghasilkan beberapa unsur penting seperti karbon dan nitrogen. 

0 Response to "Waspada Indonesia Surga Bagi Hama Rayap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel