Suhu Bioskop yang Nyaman

Suhu Bioskop yang Nyaman - Mengontrol dan memprediksi suhu pada bangunan sangat penting ketika merancang sebuah bangunan seperti bioskop. Sistem ventilasi pada bioskop yang dirancang dan dipasang dengan buruk dapat secara langsung memengaruhi kenyamanan termal orang di gedung teater atau bioskop sekalipun.

Suhu Bioskop yang Nyaman

Mengapa Kenyamanan Suhu di Dalam Bioskop itu Penting?

Sederhana saja: kenyamanan di dalam ruangan mempengaruhi hati atau perasaan orang-orang. Di gedung-gedung bioskop, ruangan yang memiliki kondisi suhu optimal dapat membuat orang-orang menjadi lebih menikmati film serta tidak cepat merasa bosan. Selain itu, suhu yang optimal juga menghilangkan potensi bahaya kesehatan juga merupakan aspek yang sangat penting dalam menjaga kenyamanan.

Suhu Bioskop yang Nyaman

Hal ini relatif sederhana untuk merancang sistem gedung biosop yang memadai dari tahap awal, terutama ketika datang ke kamar individu atau ruang kantor tunggal. Hal-hal menjadi sedikit lebih rumit ketika mempertimbangkan desain bangunan yang lengkap, di mana setiap kamar dan lantai memiliki parameter suhu yang sangat berbeda: jumlah orang yang berbeda, ukuran yang berbeda, penempatan jendela mungkin berbeda, keragaman peralatan elektronik atau sekitar area khusus seperti ruang server, sistem pemanas sentral, tangga, dan tempat layanan lainnya dapat mengubah perubahan suhu itu sendiri.

Apa itu Kenyamanan Suhu?

Menurut standar internasional EN ISO 7730, kenyamanan suhu adalah: "kondisi pikiran yang mengekspresikan kepuasan dengan suhu dalam lingkungan tersebut". Dengan kata sederhana, adalah kondisi nyaman di mana seseorang tidak merasa terlalu panas atau terlalu dingin.

Baca Juga : Suhu tubuh normal manusia

Kenyamanan suhu manusia tidak dapat dinyatakan dalam derajat dan tidak dapat ditentukan oleh kisaran suhu rata-rata. Kenyamanan ini adalah pengalaman yang sangat pribadi dan fungsi dari banyak kriteria yang berbeda dari orang ke orang di ruangan atau lingkungan yang sama. Eksekutif Kesehatan dan Keselamatan memperkirakan bahwa kenyamanan yang wajar dapat dicapai ketika minimum 80% penghuni dalam ruangan merasa nyaman dengan lingkungan termal.

Apa yang Mempengaruhi Kenyamanan Suhu Dalam Bangunan?

Kenyamanan suhu adalah efek kumulatif yang dihasilkan dari serangkaian faktor lingkungan dan pribadi. Faktor lingkungan meliputi :
  • Temperatur udara - Temperatur suhu udara
  • Air velocity (AV) - Kecepatan udara yang diukur dalam m / s
  • Radiant temperature (RT) - Suhu lingkungan dalam seseorang; umumnya dinyatakan sebagai mean radiant temperature (MRT) yang merupakan rata-rata tertimbang dari suhu permukaan yang mengelilingi seseorang dan radiasi mono-directional yang kuat, seperti radiasi matahari.
  • Kelembaban Relatif (RH) - Rasio antara jumlah uap saat ini di udara dan jumlah maksimum uap air yang dapat ditampung oleh udara pada suhu udara tersebut, dinyatakan sebagai persentase.
Faktor pribadi juga penting dan tidak tergantung pada lingkungan :
  • Pakaian - Pakaian melindungi seseorang dari pertukaran panas dengan udara dan permukaan di sekitarnya.
  • Metabolic heat - Panas yang dihasilkan oleh aktivitas fisik. Biasanya, orang yang menginap masih terasa lebih dingin daripada mereka yang bergerak.
  • Ada faktor-faktor lain yang dapat dipertimbangkan seperti ketersediaan minuman dan makanan, perangkat aklimatisasi, atau status kesehatan individu.
Cara Mengontrol Kenyamanan Termal dengan Perangkat Lunak Simulasi

Saat ini sudah terdapat alat yang mampu melakukan pengukuran dan pemantauan suhu dalam ruangan (indoor) seperti ruang bioskop. Selain itu, proses transmisi data dari alat tersebut menggunakan wireless sehingga tidak mengganggu keindahan ruangan karena kabel yang berantakan. HOBO Wireless Temperature / Relative Humidity (RH) Monitoring ZW Series merupakan alat pengukur suhu sekaligus pemantau atau monitoring suhu dalam ruangan yang cocok untuk pemantauan suhu cepat, hemat biaya, dan nyaman seperti biskop.

Alat ini mampu memantau kondisi suhu dan kelembaban secara real-time, melakukan pengukuran dan pencatatan data untuk analisis dan terdapat fitur notifikasi alarm melalui teks atau email jika mencapai parameter tertentu- semua tanpa gangguan kabel atau pembongkaran data yang manual. Karena data dapat diunduh melalui aplikasi HOBOlink yang gratis dan dapat dilihat dalam berbentuk grafik.

0 Response to "Suhu Bioskop yang Nyaman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel