Tips Menghindari Kerusakan Rambut Saat Berenang

Tips Menghindari Kerusakan Rambut Saat Berenang - Berenang merupakan salah satu olahraga yang menyehatkan dan juga diminati oleh banyak orang dari berbagai kalangan dan usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sampai orang tua sering kali menjadi lupa waktu apabila sudah berenang atau menikmati permainan di kolam renang.


Namun Anda harus tetap waspada walaupun kegiatan berenang ini merupakan kegiatan yang menyenangkan dan hati-hati ketika mandi atau berenang di kolam renang karena seperti yang kita ketahui bahwa kolam renang airnya biasanya sudah dicampurkan dengan kaporit untuk membunuh kuman dan bakteri namun zat ini sangat tidak baik bagi rambut Anda. Apabila Anda tidak merawat rambut Anda baik-baik ketika selesai berenang maka bukan tidak mungkin rambut akan mengalami masalah seperti kasar, kering serta pecah-pecah.

Bagi Anda yang hobi berenang khususnya di kolam renang umum mungkin ada baiknya menyimak artikel ini untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Bahaya air kolam renang tidak bisa dianggap sepele terhadap kesehatan rambut Anda. Sehingga untuk itu apabila Anda akan pergi berenang khususnya pada kolam renang umum maka ada baiknya melakukan perawatan rambut berikut di bawah ini untuk menjaga kesehatan rambut Anda dari kerusakan akibat kaporit yang terkandung pada air kolam renang khususnya kolam renang umum.

Cara Melindungi Rambut Anda Ketika Berenang

1. Basahi Rambut Anda Dengan Air Bersih

Sebelum Anda mulai berenang ada baiknya Anda menyiram tubuh dan rambut Anda menggunakan air bersih terlebih dahulu, Anda dapat melakukan hal ini di kamar mandi atau bilas yang ada. Hal ini bermanfaat untuk mencegah kerusakan parah pada rambut Anda agar tidak terjadi. Apabila Anda membasahi rambut terlebih dulu menggunakan air bersih, hal ini akan membuat zat klorin yang ada pada air kolam renang akan sulit masuk ke dalam rambut Anda sehingga rambut Anda akan tetap terjaga dari zat klorin atau kaporit yang dapat merusaknya.

2. Gunakan Kondisioner Rambut

Setelah membilas dengan air bersih ada baiknya Anda gunakan kondisioner rambut untuk menjaga agar rambut Anda tetap lembut dan tidak kasar karena terkena zat klorin yang terkandung dalam air kolam renang. Agar hasilnya maksimal maka cara menggunakan kondisioner ini juga harus Anda perhatikan dan jangan sampai sembarangan. Tuangkan sedikit kondisioner ke dalam botol spray lalu tambahkan air (kondisioner disini adalah yang sering Anda gunakan), kemudian kocoklah. Setelah itu kondisioner yang ada dalam botol spray tersebut semprotkan pada rambut Anda hingga merata secara perlahan.

3. Hindari Mengikat Rambut

Walau kelihatan sepele kadang orang sering mengabaikan ini, sebelum Anda masuk ke kolam renang hindari mengikat rambut Anda agar terhindar dari kerusakan rambut akibat berenang. Biarkan saja rambut Anda terurai tanpa diikat. Apabila Anda mengikat rambut justru akan memungkinkan rambut Anda akan mengalami kerusakan, helaian rambut dapat terlihat seperti pecah-pecah bila Anda mengikatnya. Jadi jika Anda ingin rambut tidak rusak saat berenang maka hindarilah mengikat rambut Anda.

4. Bilas Rambut Setelah Selesai Berenang

Apabila ketiga tips yang telah disebutkan di atas dilakukan sebelum berenang, maka tips ini merupakan tips yang perlu Anda lakukan apabila telah selesai berenang. Apabila Anda sudah selesai berenang maka bilaslah rambut Anda menggunakan air bersih dan shampo pada kamar mandi atau bilas yang ada. Agar hasil yang didapat lebih maksimal maka setelah Anda pulang ke rumah ada baiknya membilas ulang rambut Anda menggunakan air hangat untuk benar - benar menghilangkan zat klorin yang mungkin masih menempel pada rambut. Kemudian jangan lupa untuk menggunakan produk perawatan rambut seperti serum rambut atau pelembab, hal ini bertujuan agar rambut Anda tidak kering dan terjaga kelembabannya.

5. Biarkan Rambut Mengering Secara Alami

Hal ini juga tidak kalah penting, setelah selesai melakukan 4 hal di atas ada baiknya Anda tidak menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut karena ini bisa membuat rambut Anda justru akan mengalami kerusakan. Biarkan saja rambut Anda dikeringkan dengan cara diangin-anginkan secara alami, Walaupun butuh waktu yang jauh lebih lama namun cara ini justru akan menjaga rambut Anda tetap terjaga dan sehat secara alami.

1 Response to "Tips Menghindari Kerusakan Rambut Saat Berenang"

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel